SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI. SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERIKAN KEBERKAHAN KEPADA KITA SEMUA. AAMIIN.### HADIR DAN SAKSIKAN MUHADHARAH AKBAR PP. NURUL ISLAM SEKARBELA, RABU 4/11/15 BA'DA ISYA AT ASPURI 1. ###

Selasa, 03 Maret 2015

ANTARA PONPES, MA DAN YAYASAN (LATAR BELAKANG TRILOGI NURUL ISLAM)

23.31




Dewasa ini generasi muda islam sudah mulai  terlena dalam buaian materi, terseret iming-iming sekularisasi dimana minat belajar agama islam mulai berkuramng. Sekolah-sekolah yang menjanjikan pekerjaan dengan gaji besar  jadi rebutan, status sosial masyarakat seolah olah ditentukan oleh dimana orang tua menyekolahkan putra putrinya. Dalam kondisi seperti ini, pendidikan agama dan akhlak merupakan sebuah keniscayaan untuk membentengi para remaja dan generasi muda islam. Berangkat dari permasalahan tesebut Yayasan Nurul Islam menawarkan  jenjang pendidikan Madrasah Aliyah Plus dengan mengasramakan santri-santriwatinya. Madrasah Aliyah Plus merupakan  bagian dari  Yayasan Nurul Islam yang dikelola secara khusus untuk mengemban amanah sebagai wadah  pendidikan yang bertujuan untuk mencetak generasi  dan lulusan yang mampu membaca dan faham dalam kajian kitab kuning dan memiliki kemampuan agama (Tafaqquh Fiddin) sehingga siap berkompetisi diberbagai disiplin ilmu. Madrasah Aliyah Plus adalah wadah pendidikan yang memadukan antara sistem pendidikan pesantren salaf dan sistem pendidikan modern.
Sistem pendidikan salaf tampak dalam  pengajaran sehari-hari dalam bentuk halaqah dalam proses  pengajaran kitab kuning. Sedangkan  Sistem pendidikan modern tercermin dalam Sistem  klasikal dengan memadukan beberapa mata pelajaran  yang menunjang kapasitas dan kapabilitas keilmuan santri/santriwati. Mereka diharapkan  mampu berkompetisi  dalam percaturan dunia yang semakin mengglobal  dan penuh persaingan dalam kehidupan ini.
Madrasah Aliyah Plus Nurul Islam berdiri pada tanggal 16 Juni 2014. Hal mendasar yang melatarbelakangi berdirinya Madrasah ini adalah karena kebutuhan masyarakat Sekarbela akan pendidikan tingkat menengah atas yang menjadikan islam sebagai pondasi utama dalam setiap agenda pembelajarannya. Selain itu, dengan semakin meningkatnya jumlah anak putus sekolah karena kekurangan biaya pendidikan menjadi faktor utama berdirinya madrasah ini. Dewasa ini, pendidikan berbasiskan agama islam menjadi kebutuhan urgen. Sebab, maraknya aksi – aksi kekerasan yang dilakukan oleh remaja, bahaya pergaulan bebas, dan bebasnya penyebaran narkotika sudah berada pada stadium yang membahayakan. Sebagai lembaga yang berlandaskan islam, Yayasan Nurul Islam berusaha membentengi anak – anak remaja Sekarbela pada khususnya, dan anak – anak remaja Nusa Tenggara Barat pada umumnya. Menanggapi tujuan tersebut, sejumlah pemuda sekarbela yang terdiri dari Zulkifli, M.H.I, Fathoni, M.Pd, Iskandar, S.Pd, Minhajul Islam, S.Pd.I, dan Zamroni, S.Pd, berusaha mewujudkan tujuan mulia itu dengan membentuk panitia pembentukan MA Plus Nurul Islam Sekarbela.
Kehadiran MA Plus Nurul Islam Sekarbela, telah mendapatkan apresiasi yang sangat hangat dari masyarakat sekarbela, dan masyarakat diluar sekarbela. Hal ini ditandai dengan jumlah pendaftar yang mencapai 89 orang. Sebagai santri angkatan pertama, jumlah seperti itu merupakan jumlah yang fantastis. Sebab, biasanya pada sekolah baru hanya mendapatkan jumlah murid kurang dari 20 orang.
Madrasah Aliyah Plus Nurul Islam Sekarbela merupakan madrasah yang memadukan konsep pendidikan modern dengan sistem pesantern klasik. Artinya, santri/santriwati tidak hanya menggali ilmu di bangku madrasah, tetapi juga di pondok pesantren Nurul Islam Sekarbela. Pada bangku madrasah, santri/santriwati diberikan bekal pelajaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sementara itu, pada pondok pesantren diberikan bekal pelajaran agama islam melalui kegiatan diniyyah.
Melalui visi menjadikan santri/santriwati yang qur’ani, berprestasi, dan mandiri, madrasah ini akan menjadi madrasah yang mampu mencetak generasi yang memegang teguh nilai – nilai islam, membentengi diri dari serangan hedonisme dengan kemampuan bersikap mandiri. Dengan menharap ridho Allah SWT, MA Plus Nurul Islam Sekarbela memiliki keyakinan teguh untuk mencapai cita – cita mulia ini.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2015 Pondok Pesantren Nurul Islam NU Sekarbela. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top